Sejarah berdirinya Stadium Termegah di dunia

Stadium wembley
Gambar 1. Stadium Wembley


Stadion Wembley


HISTORYOFFSOCCER.COM - Sejarah Berdirinya Stadion Wembley, Inggris. Untuk kali ini saya akan memposting tentang Sejrah berdirinya stadion wembley, di Inggris. Stadion Wembley (sering disebut hanya sebagai Wembley atau kadang-kadang sebagai New Wembley untuk membedakannya dengan stadion yang lama, diucapkan /wɛmbli/) adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Wembley Park, London Borough of Brent, Inggris dan merupakan kandang dari tim nasional sepak bola Inggris. 

Gambar 2. Stadium Wembley
Stadion yang dibuka pada tahun 2007 ini berkapasitas 90.000 bangku dan merupakan stadion terbesar kedua di Eropa. Stadion ini juga merupakan host laga final piala domestik Inggris, Piala FA. Wembley menjadi satu-satunya stadion di Eropa yang pernah menghelat lima final Liga Champions (dulu Piala Champions, red). Dari lima kesempatan itu, sudah dua kali wakil Inggris tampil, yakni United dan Liverpool, dan keduanya berhasil keluar sebagai juara. Stadion ini dirancang oleh Foster and Partners dan Populous (kemudian HOK Sport), termasuk lengkungan baja yang sangat terkenal di bagian struktur atap. 

Dengan rentang 317 meter (1.040 kaki), lengkungan baja Stadion Wembley adalah lengkungan baja struktur atap dengan bentangan tunggal terpanjang di dunia. Stadion ini dibangun oleh perusahaan Australia Multiplex dengan biaya £ 798,000,000. Stadion The Old Wembley ditutup pada bulan Oktober 2000, dengan pembongkaran awalnya ditujukan mulai pada bulan Desember tahun itu juga dan pembangunan stadion baru akan dimulai pada tahun 2003.

Namun, akibat adanya penundaan, pembongkaran pertama baru dimulai pada bulan September 2002 dan pembongkaran The Old Wembley tidak terselesaikan sampai bulan Februari 2003. Stadion ini mengalami penundaan lebih lanjut akibat sengketa hukum antara WNSL dan Multiplex, yang akhirnya menimbulkan kerugian yang signifikan pada proyek ini. Stadion ini pun akhirnya terselesaikan dan diserahkan pada tanggal 9 Maret 2007 untuk menjadi tuan rumah Final Piala FA 2007, lebih lambat setahun dari rencana, yaitu menjadi tuan rumah Final Piala FA 2006.

Gambar 3. Stadium Wembley
Stadion Wembley awal mulanya adalah sepakbola stadion di Wembley, sebuah suburban dari London utara-barat, yang sekarang berdiri Stadion Wembley baru yang telah direnovasi dan dibuka pada tahun 2007. Pertama dikenal sebagai Pameran British Empire Stadium atau Empire Stadium, stadion yang aslinya dibangun oleh Sir Robert McAlpine untuk British Empire Pameran dari 1923, dengan biaya £ 750,000, di bekas tempat Watkin dari Tower . 

Sir John Simpson dan Maxwell Ayrton merupakan arsitek dan Sir Owen Williams adalah Kepala Engineer. Awalnya ditujukan untuk dibongkar pada akhir pameran, kemudian diselamatkan atas saran dari Sir James Stevenson yang merupakan ketua dari panitia untuk Pameran Empire.Tanah tersebut telah digunakan sebagai sepak bola mulai awal tahun 1880-an.

Pada akhir pameran pengusaha membeli sebuah bangunan yang dasar. Arthur Elvin (kemudian menjadi Sir Arthur Elvin) menjadi kontraktor pembongkaran bangunan untuk menghapus situs. Dia membeli bangunan ditinggalkan satu per satu dan dijual di bagian memo. 

Stadion kemudian bangkrut pada akhir Pameran dan menjadi "finansial unviable". Elvin menawarkan untuk membeli stadion untuk £ 127,000, menggunakan £ 12.000 downpayment (uang muka) untuk keseimbangan ditambah bunga yang dibayarkan selama sepuluh tahun. Perkembangan berikutnya setelah kematian pemilik awal, Elvin membeli Stadion Wembley tersebut dengan pemilik baru, (Perusahaan Wembley). Mereka kemudian membeli kembali dari Elvin dengan keuntungan yang sehat. Sebaliknya, dia menerima uang tunai yang memberinya saham terbesar pancang di Stadion Wembley dan ia menjadi ketua.

Stadion khusus dari Twin Towers-nya menjadi trademark. Juga dikenal adalah tiga puluh sembilan langkah yang diperlukan untuk dinaiki untuk mencapai Royal kotak dan mengumpulkan rampasan (dan pemenang '/ merugi' medali). Wembley pitch adalah yang pertama harus disebut sebagai "Hallowed gambut", dengan banyak stadia di seluruh dunia ini meminjam frase. 

Stadion pertama gambut telah dipotong oleh Raja George V, dan itu merupakan pertama kali dibuka untuk umum pada tanggal 28 April 1923. Pada tahun 1934, Kolam Renang Empire dibangun. Koleksi Stadion Wembley diselenggarakan oleh Museum Sepakbola Nasional . Stadion ditutup pada bulan Oktober 2000 dan telah dibongkar pada tahun 2003 untuk renovasi. Stadion Wembley seringkali dipilih untuk tuan rumah berbagai perhelatan akbar sepakbola, baik dalam cakupan regional Eropa maupun Dunia. Pecinta sepakbola di eropa selalu menantikan berbagai laga yang digelar di stadion ini mulai dari laga final Champions League, laga final FA cup, Wembley Cup, Commnity Shield EPL serta NFL International series.

Para pemangku kepentingan publik sepakbola Inggris Raya pun mengharapkan tuah dari Stadion Wembley dalam upaya mereka untuk terpilih sebagai penyelenggara event sepakbola terbesar di dunia, yaitu World Cup 2018 atau 2022. Harapan tersebut adalah wujud kecintaan publik sepakbola Inggris Raya kepada Wembley Stadium yang telah banyak memberikan kontribusi bagi pesepakbola di eropa. 

Rangkaian sejarah panjang Empire Stadium sejak awal pembangunannya dan perjuangan tokoh ? tokoh pendiri dalam mempertahankan warisan leluhur adalah bagian penting dari perjalanan Wembley Stadium hingga saat ini. Selain perhelatan olahraga kelas dunia, Wembley Stadium juga dipercaya sebagai tempat yang eksklusif untuk menyelenggarakan event lain berkelas dunia seperti konser musik. 

Green Day, Muse, Oasis, Take That, Madonna, Metallica maupun U2 adalah sederetan artis ternama dunia yang pernah merasakan betapa Wembley adalah stadion dengan semangat nilai ? nilai kemanusiaan dan konser tribute to Princess Diana serta konser Live Earth ad alah gambaran nyata perwujudan nilai ? nilai tersebut.

Itulah Sejarah Berdirinya Stadion Wembley, Inggris. Semoga informasi tadi dapat menambah pengetahuan serta wawasan anda tentang dunia olahraga. Semoga Bermanfaat…


Belum ada Komentar untuk "Sejarah berdirinya Stadium Termegah di dunia "

Posting Komentar

Terima Kasih Berkunjung Ke Blog Kami, Silakan Berkomentar Dengan Bijak. Komentar Spam Dan/Atau Berisi link Aktif, Tidak Akan Di Tampilkan. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel