Sejarah Stadion Manchester United


HISTORYOFSOCCER.COMKlub sepak bola Manchester United awalnya didirikan oleh para pekerja kereta api dari Lancashire dan Yorkshire Railway pada tahun 1878 dengan nama klub tersebut adalah Newton Heath LYR Football Club. 


Newton Heath LYR memainkan pertandingan kandang pertama mereka di stadion North Road dari tahun 1878 hingga 1893 ketika klub menjadi lebih independen dari sponsor kereta api yang menjatuhkan LYR pada tahun 1893. 

Gambar 1. Menchester United 1878 - 1893

North Road adalah lapangan sepakbola multi guna yang berlokasi di Newton Heath, Manchester, Inggris. 


Stadion sepak bola ini adalah stadion rumah Manchester United pertama dengan klub bernama Newton Heath LYR Football Club pada masa-masa awal sejarah sepakbola Manchester United. 

Awalnya stadion hanya terdiri dari lapangan dengan ruang di sekitarnya yang memiliki kapasitas sekitar 12.000 penonton berdiri. 

Dua tribun dibeli pada 1891 untuk meningkatkan kapasitas stadion menjadi 15.000 penonton. 

Kereta api itu tidak mau membayar untuk tribun ini yang membuat Manchester United berhutang dan memutus hubungan antara kereta api dan klub sepak bola bahkan lebih. 

Pada 1893 Newton Heath telah kehilangan sponsor dari kereta api yang membayar untuk penggunaan stadion oleh klub.

Kehilangan sponsor kereta api berarti bahwa Newton Heath harus mencari rumah di tempat lain setelah diusir dari stadion North Road pada tahun 1893 dan klub menghadapi kesulitan keuangan. 


Stadion ini tidak ada lagi dan telah digantikan oleh Moston Brook High School yang juga ditutup pada ...
Ada rencana untuk membuat North Manchester Business Park dengan alasan di mana Manchester United pernah memainkan pertandingan kandang mereka.
Gambar 2. Ilustrasi Stadium Old Trafford
Dengan klub diusir dari lapangan rumah mereka North Road, Newton Heath pindah ke stadion Bank Street pada tahun 1893, sekitar 3 mil jauhnya dari stadion North Road. 


Pada awalnya stadion tidak memiliki stan tetapi pada awal musim 1893-94 dua stan ditambahkan, membuat kapasitas stadion Bank Street sekitar 12.000 penggemar. 

Pertandingan kandang pertama mereka di stadion Bank Street adalah melawan Burnley pada 1 September 1893 di depan 10.000 penonton. 

Pada 1903, setelah kesulitan keuangan, Newton Heath memiliki presiden baru JH Davies yang memiliki keuangan dan ambisi tinggi untuk klub. 

Urutan bisnis pertamanya adalah mengubah nama klub dari Newton Heath Football Club menjadi Manchester United Football Club.

Gambar 3.
Dengan kepercayaan presiden baru JH Davies pada keberhasilan klub, stadion Bank Street telah diperluas dengan menambahkan stan dengan penutup di keempat sisinya meningkatkan kapasitas stadion Bank Street menjadi 50.000 penonton pada tahun 1906. 

Mengikuti Judul Liga pertama Manchester United pada tahun 1908 dan Piala FA pada tahun 1909 para direktur klub memutuskan bahwa Bank Street terlalu kecil dan terlalu ketat untuk ambisi klub dan basis penggemar yang terus bertambah. 

Pada bulan Februari 1909 rencana digerakkan dan Old Trafford seperti yang kita kenal hari ini dinamai sebagai rumah baru untuk Manchester United, setelah pembelian tanah untuk sekitar £ 60.000 dan anggaran tambahan sebesar £ 30.000 diberikan kepada arsitek Archibald Leitch untuk konstruksi.

Stadion Bank Street memiliki kontrak dengan Manchester United hingga 1 Januari 1912 dan stadion tersebut digunakan oleh tim pertama selama pembangunan Old Trafford dan kemudian tim cadangan menggunakannya untuk pelatihan dan permainan sampai kontrak berakhir pada tahun 1912.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Stadion Manchester United "

Posting Komentar

Terima Kasih Berkunjung Ke Blog Kami, Silakan Berkomentar Dengan Bijak. Komentar Spam Dan/Atau Berisi link Aktif, Tidak Akan Di Tampilkan. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel